About Me

I love Allah , I love my family , I love my bestfriends, I love my lectures, I love myself :D. I am a PIA CAKE lover :D not day without PIA CAKE :D. I hate SUS CAKE -.- iyuuhh --" I am a PINK colour Lover :D. I want to be a succesly Medical Analyst Girl :D.

Pages

Minggu, 07 Oktober 2012

TUGAS INSTRUMENTASI IV
CENTRIFUGE
Nama kelompok  :
1.         Laela Nurul Rahma                 ( A.102.08.037)
2.         Leonardo Bagus U                  (A.102.08.038) 
3.         Nia Lestyowati                       (A.102.08.043) 
4.         Nina Novita R.S                     (A.102.08.044)
Kelas  : 1.B2
 


Centrifuge
adalah alat untuk memutar sampel pada kecepatan tinggi, memaksa partikel yanglebih berat terkumpul ke dasar tabung centrifuge. Pemakaian centrifuge yang paling sering adalahuntuk pemisahan komponen sel darah dari cairannya sehingga cairannya bisa dipakai untukpemeriksaan.
Alat ini dapat memisahkan cairan dan padatan atau cairan dengan kepekatan berbeda-beda dengan memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari rotasi.
Dalam sebuah laboratorium centrifuge berguna untuk memisahkan partikulat padat dalam cairan. contohnya untuk memisahkan serum , pemeriksaan Ht dan juga mikroskopik urine .
Klasifikasi centrifuge
 Ada beberapa klasifikasi centrifuge menurut jenisnya, antara lain :
a. General Purpose Centrifuge

Model biasanya adalah tabletop (bisa diletakkan di atas meja) yang dirancang untuk pemisahansampel urine, serum atau cairan lain dari bahan padat yang tidak larut. Centrifuge ini biasanyaberkecepatan 0-3000 rpm, dan bisa menampung sampel dari 5-100 ml.

b.  Micro Centrifuge

Atau disebut juga microfuges, memutar microtubes khusus pada kecepatan tinggi. Volumemicotubes berkisar 0.5-2.0 ml.

c.  Speciality Centrifuge

Yaitu centrifuge yang dipakai untuk keperluan yang lebih spesifik. Seperti microhematocritcentrifuges dan blood bank centrifuges, yang dirancang untuk pemakaian spesifik di laboratoriumklinik. Microhematocrit centrifuge adalah merupakan variasi dari microcentrifuge yang dapatmenampung sampel kapiler untuk pengukuran volume hematocrit pack cell, sedangkan BloodBank Centrifuge adalah centrifuge yang dipakai di bank darah dan serologi yang dirancang untukmemisahkan sampel serologis dalam tabung.
Jenis lain adalah centrifuge berkecepatan tinggi, yaitu  
a. ultracentrifuges 
 











b.  refrigeratedcentrifuges.

 Centrifuge berkecepatan tinggi berputar pada kecepatan 0-20.000 rpm danultracentrifuge berputar pada kecepatan di atas 50.000 rpm. Kebanyakan centrifuge ini dilengkapidengan sistem pendinginan untuk menjaga sampel tetap dingin selama sentrifugasi. Centrifuge inilazim dipakai di laboratorium penelitian.



Secara Umum  ada beberapa  jenis centrifuge yang biasa digunakan dalam laboratorium, diantaranya yaitu :

  1. Preparative Centrifuge 
    -  Ukuran sampel yang lebih besar dapat digunakan
    -  No optical read-out – collect fractions and analyze them after the run (Tidak optik read-out-  mengumpulkan pecahan dan menganalisis mereka setelah menjalankan).
    -  Less pure sample can be used · Kurang sampel murni dapat digunakan
    -  Dapat digunakan untuk memperkirakan koefisien sedimentasi dan MW
    -  Umumnya digunakan untuk memisahkan organel dan molekul. Kebanyakan kerja sentrifugasi dilakukan dengan menggunakan persediaan ultracentrifuge
  2. Analytical Centrifuge
    - Menggunakan ukuran sampel kecil (kurang dari 1 ml)
    - Dibangun pada sistem optik untuk menganalisis kemajuan dari molekul selama sentrifugasi
    - Menggunakan sampel yang relatif murni
    - Digunakan untuk tepat menentukan koefisien sedimentasi dan molekul MW
    - Beckman Model E adalah contoh sentrifugal yang digunakan untuk tujuan ini
  3. Angle Fixed Centrifuge
Centrifuge yang disesuaikan dengan kebutuhan sampel dan ukuran sudut    putar
      4. Swing Head Centrifuge
Centrifuge dalam Ukuran yang besar dan berbagai  model baik Vertikal ataupun Horisontal
    5.  Haematocrit Centrifuge
Centrifuge yang digunakan untuk sampel darah, sehingga berukuran sangat kecil dengan standart ukuran Micro (Micro Haemotocrit Centrifuge).
Analytical centrifuge




angel fixed centrifuge

Swing Head centrifuge









Jenis-jenis rotor pada centrifuge :
1. Swing Out / Horizontal Rotor
- KeuntunganMenghasilkan butiran endapan yang terdistribusi merataDapat disesuaikan dengan berbagai tabungBisa untuk volume tunggal yang besar- KerugianKecepatannya terbatasMenimbulkan gesekan yang tinggi (bunyi,panas, kecepatannya lambat)Ada bagian bergerak yang lebih banyak
2. Fixed Angle Rotor
Keuntungan:
Bisa berkecepatan tinggi
Memberikan jalur pemisahan yang lebih pendek
Memberikan dukungan tube yang lebih maksimum
Menghasilkan gesekan dan panas yang lebih sedikit-
 Kerugian:
Menghasilkan butiran endapan yang tidak rata
Memiliki kapasitas yang lebih terbatas
Membuat tube menerima tekanan yang tinggiTips tube, tube tanpa tutup tidak bisa diisi penuh.
3. Drum Rotor
- Keuntungan:
Menghasilkan butiran endapan yang terdistribusi merata
Memiliki kapasitas besar-
 Kerugian:
Terbatas pada micro-volume tube
Tidak dapat menghasilkan tenaga yang sama dengan angle rotor
4. Winshield Rotor
- Keuntungan:
Mengurangi tingkat gesekan dan panas
Meningkatkan kecepatan potensial dari swing-out rotor- 
Kerugian:
Meningkatkan cost rotor
Meningkatkan berat rotor
Memerlukan tempatyang lebih besar untuk menampung winshield
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
- Sebelum memulai centrifuge, pastikan bahwa tutupnya terpasang dan terkunci.
- Jangan pernah membuka tutup selama centrifuge berlangsung- Periksa kebersihan ruang centrifuge, segera bersihkan semua tumpahan.
- Selalu Melakukan Tindakan Pengamanan Universal (Biohazard)
- Setimbangkan muatan centrifuge sebelum pemakaian. Gunakan shield dan tube yang benar.- Amati dan lakukan tindakan yang sesuai jika ada bunyi atau getaran yang tidak lazim selamapemakaian- Putar sampel dengan tutup terpasan
- Gunakan hanya tube yang diperuntukkan untuk centrifuge tersebut


Teknik Kerja Centrifuge

 Centrifuge adalah sebuah mesin putar dengan gaya putar atau centrifugasi terdiri dari rangkaian terpadu yaitu Elektrik dan Mekanik. Dalam elektriknya terdapat adanya sebuah motor penggerak yang terhubung dalam sumber tegangan listrik yang menggerakan rangkaian mekanik yang sudah disusun dengan berbagai ukuran, jumlah tempat tabung sampel dan jarak tertentu, dimana pabrikasi tersebut sudah disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan di bidang laboratorium ilmu kesehatan.
Dalam kerja centrifuge, Sampel yang dikehandaki  ditimbang (sesuai kebutuhan dan ukuran tabung) dimasukan dalam tempat tabung pada centrifuge, agar putaran berimbang maka harus diseimbangkan antara sisi kanan dan kiri tempat tabung, penyeimbang bisa saja menggunakan tabung sampel yang diisi dan sudah disamakan ukuran dan beratnya, sehingga putaran kerja motor penggerak berimbang oleh beban. Melakukan putaran gerak sesuai yang direncanakan dengan ukuran putar RPM (Rotation Per Menit),ukuran RPM dari pabrikasi biasanya sudah dibatasi dalam range tertentu, misal 500-3000 Rpm, Haematrocit centrifuge 1500 – 10.000 Rpm, dan sebagainya.

Perawatan
Keseimbangan diperlukan selama sentrifugasi, karena bila tidak seimbang maka akan terjadi getaran. Getaran ini akan semakin hebat pada saat percepatan dan perlambatan. Apabila hal ini terjadi selain mengakibatkan sedimen yang terbentuk dapat terurai kembali juga akan mempercepat rusaknya alat.

Kalibrasi
Tachometer RPM

Kecepatan putaran sentrifus harus diperiksa paling sedikit setiap 3 bulan sekali menggunakan alat yang disebut tachometer. Tachometer ada 2 macam taitu tachometer kontak dan tachometer optik/phototachometer. Tachometer kotak mengukur rpm dengan menempelkan alat kebagian sentrifus yang berputar, sedangkan tachometer optik mengukur rpm berdasarkan pantulan permukaan yang sedang berputar. Kecepatan tidak boleh lebih dari 5% dari rpm yang tertera.
Apabila sentrifus memiliki pengatur waktu perlu diperiksa secara berkala dengan stopwatch dan tidak boleh berbeda lebih dari 10%. Sentrifus dengan pendingin perlu diperiksa suhunya setiap bulan sekali dan tidak boleh menyimpang lebih dari 0,5% dari suhu yang diharuskan.

sumber ::
1. http://www.tarifaindonesia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=68:mini-centrifuge&catid=25:the-project
2. http://www.scribd.com/doc/33048930/Centrifuge
3. http://antiserra.wen.su/alkes.html



 
 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar