About Me

I love Allah , I love my family , I love my bestfriends, I love my lectures, I love myself :D. I am a PIA CAKE lover :D not day without PIA CAKE :D. I hate SUS CAKE -.- iyuuhh --" I am a PINK colour Lover :D. I want to be a succesly Medical Analyst Girl :D.

Pages

Jumat, 14 September 2012

TUGAS INSTRUMENTASI


TUGAS INSTRUMENTASI
BAGIAN I
ALAT-ALAT LABORATORIUM( ALAT-ALAT GELAS)


Nama kelompok  :
1.         Laela Nurul Rahma                 ( A.102.08.037)
2.         Leonardo Bagus U                  (A.102.08.038) 
3.         Nia Lestyowati                       (A.102.08.043) 
4.         Nina Novita R.S                     (A.102.08.044)
Kelas  : 1.B2
1. Tabung reaksi



Alat ini terbuat dari kaca, digunakan untuk melakukan percobaan-percobaan reaksi kimia dalam bentuk larutan. Ada dua tabung reaksi yang berukuran panjang dan juga pendek







2. Erlenmeyer

Alat ini dibuat dari kaca digunakan sebagai wadah zat yang akan dititrasi. Kadang-kadang juga dipakai untuk memanaskan larutan.Pada alat ini terdapat beberapa volume cairan yang dapat ditampung yaitu mulai dari 25 ml , 50 ml , 100ml , 250 ml , 300 ml , 500 ml, 1000 ml , dsb.





3. Gelas ukur (Labu ukur)

Alat ini terbuat dari gelas dengan berbagai ukuran. Berbentuk lonjong dan dapat ditegakkan. Digunakan untuk mengukur volume zat. Tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan atau pelarut panas.
Pada alat ini terdapat beberapa volume cairan yang dapat ditampung yaitu mulai dari 10 ml , 50 ml ,100 ml ,250 ml ,dsb.





4. Pipet tetes

Alat ini mempunyai bentuk seperti pipa kaca, dan alat pemencetnya karet vulkanisir. Digunakan untuk memindahkan beberapa tetes zat cair atau larutan. Ada pipet tetes yang berukuran panjang dan ada pula yang pendek.



5. Becker glass

Becker glass adalah wadah yang digunakan untuk mengaduk , mencampur , memanaskan suatu cairan atau larutan dalam laboratorium.
Biasanya digunakan untuk menampung zat kimia yang korosif.
Ukuran becker glass dimulai dari 1ml sampai beberapa liter.




6. Labu ukur/ takar   

Membuat larutan standar atau larutan tertentu dengan volume setepat-tepatnya ,memiliki kapasitas antara 5 mL sampai 5 L . pembacaan volume dilakukan sampai tanda batas yang melingka pada leher labu takar secara miniskus.







7.  Buret 

Adalah sebuah peralatan gelas laboratorium berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. Ia digunakan untuk meneteskan sejumlahreagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi. Buret sangatlah akurat, buret kelas A memiliki akurasi sampai dengan ± 0,05 cm3. Ketika membaca buret, mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat paralaks. Bahkan ketebalan garis ukur juga memengaruhi; bagian bawah meniskus cairan harus menyentuh bagian atas garis





8.  Corong gelas (funnel conical)

Untuk membantu memasukkan cairan ke dalam suatu alat yang mulutnya sempit, seperti erlemeyer. Terbuat dari kaca dan gelas. Digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan kertas saring dalam proses filtrasi.







9. Corong pisah ( separatory funnel)

Berupa corong yang bagian atasnya bulat dengan lubang pengisi terletak disebelah atas bagian bawah berkatup terbuat dari kaca. Berguna untuk memisahkan larutan yang memiliki  kelarutan yang berbeda yang berdasarkan berat jenis. Biasanya digunakan dalam proses ekstraksi.




10.   Pembakar spirtus

Berguna untuk membakar zat atau memanasi larutan. Bahan bakar yang digunakan adalah spirtus.








11.   Botol pereaksi ( reagent bottle)

Digunakan untuk menyimpan larutan bahan kimia.









12.   Pipet volume / pipet gondok

Digunakan untuk mengukur larutan dalam satu volume saja. Terbuat dari gelas. Ukuran : 5 ml, 10 ml, 15 ml, dan 50 ml. Penggunaanya dibantu dengan pushball.




13.   Pipe ukur ( Pipet Mohr)

Untuk mengambil larutan dengan volume lebih tepat dari pada gelas ukur.  Terbuat dari gelas. Pipet ini memiliki beberapa skala volume , dan bisa dipakai untuk mengukur larutan dalam beberapa volume tidak seperti pipet volume.





14.   Desikator atau Eksikator
Berupa panci bersusun dua yang dibawahnya berisi bahan pengering, de nga penutup yang sulit dilepas karena dilapisi Vaseline. Ada dua macam desikator yaitu desikator biasa dan vakum. Bahan pengering yang digunakan adalah silica gel.
Fungsinya :
a.       menyimpan sampel yang harus bebas air.
b.      Mengeringkan padatan





15.   Gelas arloji ( watch glass)

Alat untuk menimbang zat berbentuk kristal, untuk menutup bejana lain pada saat pemanasan dan untuk menguapkan cairan.  Terbuat dari gelas.




16.   Termometer
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti bahang dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa .


17.   Tabung sentrifuge

 Digunakan bersama – sama dengan alat sentrifuge untuk pembuatan senyawa organik dengan jumlah ukuran semimikro.






18.   Batang pengaduk

Berfungsi untuk mengaduk campuran supaya bersenyawa. Terbuat dari kaca.









19.   Labu destilasi

Terbuat dari kaca dan digunakan untuk destilasi.









20.   Labu didih / Boiling flask


Berguna sebagai wadah larutan yang sedang dipanaskan atau diuapkan.  Terbuat dari kaca tahan panas pada suhu 120- 3000 C. . ukurannya mulai dari 250 ml- 2000 ml. berfungsi untuk memanaskan larutan dan menyimpan larutan.
Leher labu ini ada 3 jenis yaitu single , double dan triple neck. Sedangkan bagian bawah terdapat 2 jenis yaitu flat bottom dan round bottom.

21.   Kamar Hitung/ Bilik Hitung

Kamar hitung (bilikhitung) adalah suatu ruangan dengan ukuran yang sangat kecil yang digunakan untuk menghitung jumlah sel darah dengan menggunakan sampel yang sangat sedikit. Volume tiap kamar hitung ini berbeda-beda tergan tung jenis sel yang akan dihitung.





22. Pipet Throma

1.       Pipet Throma Leukosit
Pipet ini digunakan untuk mengencerkan sel darah putih dengan pengenceran sampai 10 kali atau 20 kali.
2.       Pipet Throma Eritrosit
Pipet ini digunakan untuk mengencerkan sel darah merah dengan pengenceran sampai 100 kali atau 200 kali.


23.   Tabung Wintrobe


Tabung Wintrobe adalah suatu tabung dengan  panjang  tabung 120mm,dengan memiliki skala dari  0 hingga 100,kebawah dan keatas







24.   Pipet Westergreen

Tabung  Westergreen adalah tabung dengan panjang 300mm,dengan kedua ujung tabung tersebut berlubang dan tabung tersebut dapat digunakan untuk pemeriksaan Laju Endap Darah







25.   Deck glass dan Object glass

1.       Object Glass
Objec glass adalah suatu alat yang bisa digunakan sebagai tempat sediaan di bawah
mikroskop
2.       Deck Glass
Deck Glass adalah suatu peralatan lab yang memiliki tebal 1/10 mm

26.   Kondensor

Alat yang bisa digunakan untuk mendinginkan suatu cairan yang panas dan bisa digunakan untuk mengembunkan uap.








27.   Tabung nessler

Biasanya tabung nessler ini digunakan pada metode kolorimetri. Alat ini terbuat dari gelas , cara membacanya  dengan melihat garis kalibrasi sejajar mata setinggi miniskus bawah.







28.   Botol Timbang

Biasanya digunakan di dalam menentukan kadar air suatu bahan. selain itu digunakan untuk menyimpan bahan yang akan ditimbang terutama untuk bahan cair dan pasta.







29.   Urinometer

Alat ini berguna untuk mengukur atau mengetahui berat jenis urine.









30.   Cawan Petri / telepa petri

adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya.






Sumber : 
1. http://casperaliandu.blogspot.com/2011/03/pengenalan-alat-alat-laboratorium.html , diakses hari Jum’at(14 september 2012) jam 06:10
3. http://dmoachmadfaridz.blogspot.com/2012/05/alat-alat-laboratorium.html , diakses hari Jum’at (14 September 2012)  jam 11:00
4. http://efforz.blogspot.com/2011_04_01_archive.html , diakses hari Jum’at (14 September 2012)  jam 11:00
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar